Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS
Vol. 3 No. 5 (2025): Oktober

PENINGKATAN KOMPETENSI GURU DALAM MENDESAIN MEDIA PEMBELAJARAN INTERAKTIF MENGGUNAKAN GENIALLY UNTUK MENDORONG PARTISIPASI SISWA

Dja'far, Harmi Ibnu (Unknown)
Maria Cleopatra (Unknown)
Muhamad Juandi (Unknown)
M. Saltiar Kiswanto (Unknown)
Rodiah, Rodiah (Unknown)
Dede Nurhayati (Unknown)
Ai Rosidah (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2025

Abstract

Pengabdian ini bertujuan meningkatkan kompetensi guru dalam mendesain media pembelajaran interaktif menggunakan platform Genially untuk mendorong partisipasi siswa di SMP IT Mandiri Bersemi Cianjur. Metode pengabdian yang digunakan adalah Participatory Action Research (PAR) dengan pelatihan berbasis praktik secara hybrid (daring dan luring) yang diikuti oleh 20 guru dari berbagai mata pelajaran. Hasil pengabdian menunjukkan peningkatan signifikan pada aspek pengetahuan, keterampilan teknis, dan kemampuan penerapan media pembelajaran interaktif, serta tingkat kepuasan peserta yang sangat tinggi terhadap proses pelatihan. Simpulan, pelatihan ini efektif dalam meningkatkan kompetensi guru dan berpotensi mendorong pembelajaran aktif berbasis teknologi, meskipun diperlukan tindak lanjut pendampingan agar hasil pelatihan dapat diimplementasikan secara berkelanjutan.   Kata Kunci: Kompetensi Guru, Media Pembelajaran Interaktif, Genially, Partisipasi Siswa, Pelatihan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JPKI2

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Social Sciences

Description

Jurnal Pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS (JPKI2) adalah jurnal nasional yang berisi hasil-hasil kegiatan pengabdian Kolaborasi dan Inovasi IPTEKS berupa penerapan berbagai bidang ilmu diantaranya Ekonomi, Hukum,Teknik, kedokteran, Pertanian, Keguruan dan Ilmu Pendidikan,Ilmu Sosial dan Ilmu ...