Science And Education Journal (SNEJ)
Vol 3 No 3 (2025): Science and Education Journal ( SNEJ )

PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SERANG BARU: PENGARUH KOMPETENSI KEPRIBADIAN GURU TERHADAP MINAT BELAJAR SISWA KELAS VIII DI SMP NEGERI 1 SERANG BARU

ginting, retno putri sari (Unknown)
eka putri (Unknown)
lenny solo (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh pentingnya peran guru tidak hanya sebagai penyampai materi, tetapi juga sebagai teladan yang berpengaruh terhadap minat belajar siswa. Kompetensi kepribadian guru yang mencakup sikap disiplin, tanggung jawab, kejujuran, empati, dan kemampuan membangun hubungan positif diduga memiliki peran penting dalam meningkatkan keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kompetensi kepribadian guru terhadap minat belajar siswa kelas VIII di SMP Negeri 1 Serang Baru. Metode penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian asosiatif kausal. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas VIII sebanyak 241 orang, sedangkan sampel berjumlah 150 siswa yang ditentukan menggunakan rumus Slovin dengan teknik purposive sampling. Pengumpulan data dilakukan menggunakan instrumen angket berbasis skala Likert yang telah diuji validitas dan reliabilitasnya. Analisis data menggunakan regresi linier sederhana dengan bantuan program SPSS. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru berpengaruh signifikan terhadap minat belajar siswa dengan nilai signifikansi < 0,05. Nilai koefisien determinasi (R²) menunjukkan bahwa kompetensi kepribadian guru mampu menjelaskan sebagian besar variasi dalam minat belajar siswa, sedangkan sisanya dipengaruhi oleh faktor lain. Dengan demikian, semakin baik kompetensi kepribadian guru, semakin tinggi pula minat belajar siswa. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi masukan bagi guru dan sekolah dalam meningkatkan kualitas pembelajaran melalui penguatan aspek kepribadian guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

snej

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Science and Education Journal ( SNEJ ) e-ISSN 3021-7687 P-ISSN 2988-5396 is a peer-reviewed journal published by Yayasan Pendidikan Cahaya Budaya. Jurnal ini bertujuan untuk menerbitkan dan menyebarluaskan hasil penelitian dan studi tentang pendidikan. Artikel yang dimuat dalam jurnal adalah hasil ...