Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 5 (2025): Oktober - November 2025

PERAN GURU KREATIF DALAM MENGATASI RENDAHNYA MINAT BELAJAR SISWA DI SEKOLAH DASAR NADHATUL ULAMA MEDAN

Suyit Ratno (Unknown)
Nazwa Salsabila (Unknown)
Andini Putri (Unknown)
Noviana Br. Barus (Unknown)
Abel Siti Aulia (Unknown)
Nabila Syafitri (Unknown)
Nabila Cahyani (Unknown)
Rihadatul Aisy (Unknown)
Natachya S.W Simamora (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Oct 2025

Abstract

Salah satu tantangan utama dalam proses pembelajaran di sekolah dasar, termasuk di Sekolah Dasar Nahdlatul Ulama Medan, adalah kurangnya minat siswa dalam belajar.  Berbagai elemen, seperti metode pembelajaran yang monoton, fasilitas yang terbatas, dan lingkungan belajar yang tidak mendukung, berkontribusi pada masalah ini.  Tujuan penelitian ini adalah untuk menjelaskan peran guru kreatif dalam mengatasi minat belajar siswa yang rendah dengan menggunakan strategi pembelajaran yang kreatif dan menarik. Penelitian deskriptif kualitatif digunakan, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi.  Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru yang kreatif dapat meningkatkan minat belajar siswa dengan menggunakan berbagai media pembelajaran, strategi kontekstual, dan aktivitas belajar yang menyenangkan. Selain itu, terbukti bahwa guru yang kreatif dalam menciptakan suasana kelas yang interaktif dan membangun hubungan yang positif dengan siswa berhasil mendorong siswa untuk berpartisipasi secara aktif dalam pendidikan.  Hasil ini menunjukkan betapa pentingnya peran guru kreatif dalam menciptakan pengalaman belajar yang bermakna dan menyenangkan yang dapat meningkatkan minat siswa dalam pendidikan di sekolah dasar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...