Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara
Vol. 2 No. 5 (2025): Oktober - November 2025

IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN KREATIF BERBASIS ANGKET DALAM MENGKAJI PEMAHAMAN SISWA TENTANG SISTEM PENCERNAAN MANUSIA PADA SISWA KELAS IV DI SDN 020276 BINJAI TIMUR

Tohap Panuturi Sihombing (Unknown)
Sindi Pratama (Unknown)
Raihana Alpiye Muna (Unknown)
Nabila Aptarizahwa (Unknown)
Riandita Kd. Pasaribu (Unknown)
Vannesha Laresha Sihotang (Unknown)
Mery Natalia Br. Hutahuruk (Unknown)
Suyit Ratno (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi pembelajaran kreatif berbasis angket dalam mengkaji pemahaman siswa kelas IV SDN 020276 Binjai Timur pada materi sistem pencernaan manusia. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif dengan instrumen angket. Subjek penelitian berjumlah 20 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan pembelajaran kreatif berbasis angket dapat meningkatkan antusiasme belajar dan pemahaman siswa. Persentase skor rata-rata angket mencapai 66% dengan kategori pemahaman baik. Dengan demikian, pembelajaran kreatif berbasis angket dinilai efektif sebagai alternatif strategi dalam meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar pada materi IPA.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jicn

Publisher

Subject

Other

Description

Jurnal Intelek Dan Cendikiawan Nusantara (JICN) adalah Jurnal Multi Disiplin Semua Bidang Ilmu sebuah publikasi yang melayani sebagai wadah bagi penelitian interdisipliner dan kolaboratif di berbagai bidang ilmu. Jurnal ini memperoleh keunggulan dengan mencakup berbagai disiplin ilmu, seperti ilmu ...