Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan mengetahui kelayakan media pembelajaran berupa Modul Ajar matematika berbasis budaya lokal, pada materi kelas XI semester 2. Penelitian ini menggunakan metode penelitiam dan pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Subjek dari penelitian ini adalah siswa SMK Wira Buana 2 kelas XI untuk uji lapangan. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan angket. Teknik analisis data terdiri dari data kualitatif dan kuantitatif. Hasil validasi ahli materi, bahasa, dan media yaitu skor rata-rata yang diperoleh 92,05% masuk kedalam kategori “sangat baik”, hasil uji coba lapangan dan kepraktisan kepada siswa memperoleh rata-rata 84,62% masuk kedalam kategori “sangat menarik”. Untuk itu dapat disimpulkan bahwa Modul Ajar matematika berbasis budaya lokal dinyatakan menarik dan valid atau layak digunakan sebagai alternatif media pembelajaran matematika SMK khususnya pada materi kelas XI semester 2.
Copyrights © 2025