Pe.mbe.lajaran bahasa Indone.sia di se.kolah umumnya be.rpusat pada te.ks. Pe.nde.katan ini untuk me.latih siswa dalam ke.te.rampilan be.rbahasa dan lite.rasi. Ke.te.rampilan be.rbahasa me.miliki e.mpat kompone.n, yaitu me.nyimak, be.rbicara, me.mbaca, dan me.nulis. Guru pe.rlu me.ne.rapkan suatu me.tode. dan me.dia yang dapat me.motivasi. Me.latih siswanya de.ngan me.nye.diakan kondisi be.lajar yang optimal me.rupakan tugas pe.ndidik yang se.bagian be.sar te.rjadi di ke.las, se.pe.rti me.ngupayakan situasi yang dapat me.ningkatkan pe.rhatian siswa, me.mbangkitkan dan me.me.lihara se.rta me.ndorong aktivitas siswa.  Penggunaan me.dia visme. dapat me.mbantu pe.se.rta didik dalam me.nulis te.ks be.rita yang e.fe.ktif se.suai de.ngan ciri-ciri dan struktur te.ks be.rita. Me.dia visme. dapat me.mbuat siswa me.njadi se.mangat dan te.rmotivasi dalam prose.s pe.mbe.lajaran yang me.nye.nangkan dan tidak me.mbosankan. Pe.ne.litian ini me.nggunakan me.tode. kuantitatif difokuskan pada pe.rmasalahan atas dasar fakta yang dilakukan de.ngan cara pe.ngamatan atau obse.rvasi se.rta dokume.ntasi dan me.nganilisis me.nggunakan statistic. Te.rdapat pe.ngaruh me.dia visme. me.mpe.role.h hasil yang signifikan dari hasil be.lajar me.nulis te.ks be.rita baik. Hal dibuktikan dari hasil pe.ngujian hipote.sis dan analisis data yang te.lah dilakukan dipe.role.h hasil yang didapat adalah Thitung > Ttabe.l . yakni 7,32 >1,63.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025