Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)
Vol. 6 No. 3 (2025): Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan (JKIP)

Manajemen Pendidikan Karakter Anak Usia Dini Melalui Implementasi Green Behavior Di TK Kristen Cahaya Jember

Pertiwi, Putri Kristiani (Unknown)
Widiatsih, Asri (Unknown)
Muarif, Syamsul (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2025

Abstract

Manajemen pendidikan karakter anak usia dini sangat penting dalam mengetahui perkembangan anak. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tentang bagaimana manejemen pendidikan karakter anak usia dini melalui implementasi green behavior di TK Kristen Cahaya Jember. Guru berperan penting dalam merancang kegiatan dalam dokumen perencanaan pembelajaran, yaitu RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan) dan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian), sehingga pembiasaan perilaku peduli lingkungan dapat berlangsung secara konsisten. Permasalahan utama yang diidentifikasi adalah kurangnya pemahaman guru terhadap konsep green behavior, kurangnya kepedulian anak terhadap terhadap lingkungan sekitar dan keterbatasan sarana prasarana yang ada. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kualitatif studi kasus dengan metode pengumpulan data seperti observasi, wawancara, dan dokumentasi. Pada penelitian ini, menggunakan teknik analisis data model Miles dan Huberman, yaitu pengumpulan data, reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Fokus penelitian diarahkan pada 3 aspek utama pendidikan karakter yaitu perencanaan, pelaksanaan dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, guru menyusun program pembelajaran yang terintegrasi pada nilai-nilai peduli lingkungan, seperti kebiasaan untuk membuang sampah pada tempatnya, merawat tanaman, dan menghemat energi. Guru berperan penting dalam merancang kegiatan dalam dokumen perencanaan pembelajaran, yaitu RPPM (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Mingguan) dan RPPH (Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Harian), sehingga pembiasaan perilaku peduli lingkungan dapat berlangsung secara konsisten. Pada tahap pelaksanaan dilakukan melalui pembiasaan sehari-hari, teladan yang di berikan guru, sehingga anak terbiasa menerapkan perilaku peduli lingkungan secara konsisten. Evaluasi dilaksanakan dengan observasi perilaku anak, penilaian sikap, dan refleksi guru untuk mengukur keberhasilan pembiasaan green behavior. Dengan demikian pendidikan karakter melalui green behavior di TK Kristen Cahaya Jember dapat menjadi pondasi penting bagi pembentukan generasi yang berbudaya dengan lingkungan sekitar.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkip

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

JKIP : Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan is published by Lembaga Riset dan Inovasi Al-Matani as an information and communication media for practitioners, researchers and academics who are interested in the field of Business Management and Accounting Studies. First publish in November 2020. The Editorial ...