Tujuan penelitian ini adalah ingin mengetahui apakah keterampilan mengajar guru danĀ media pembelajaran e-learning memiliki pengaruh terhadap hasil belajar mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI OTKP SMK Istiqlal Deli Tua T.A 2020/2021. Jenis Penelitian ini adalah penelitian ex post facto dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Populasi berjumlah 64 siswa, yang dimana seluruh populasi merupakan sampel. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, penyebaran kuesioner angket dan dokumentasi. Uji validitas untuk analisis butir kuesioner ini menggunakan rumus korelasi Product Moment, reliabilitas dilakukan uji menggunakan cronbach alpha. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian adalah Uji Normalitas, Uji Linieritas, Uji Multikolinieritas, analisis Regresi Linear Berganda, Uji T, Uji F, dan Uji Determinasi. Pengolahan data menggunakan program SPSS versi 20 menunjukkan hasil regresi berganda diperoleh Y = 24,148 + 0,427 X1 + 0,277 X2 + e. Hasil uji t menunjukkan Keterampilan Mengajar Guru (X1) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil belajar (Y) dengan perolehan nilai thitung 3.897 > ttabel 1,999 dengan signifikansi 0,000 < 0,05 . Kemudian Media Pembelajaran E-learning (X2) berpengaruh positif dan signifikan terhadap Hasil Belajar (Y) dengan perolehan thitung 2.985 > ttabel 1,999 dengan signifikansi 0,004 < 0,05,. Selanjutnya nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,326 atau 32,6% variabel X memengaruhi variabel Y dan sisanya sebesar 68% dipengaruhi oleh faktor lain di luar penelitian. dari hasil penelitian maka dibuktikan bahwa Keterampilan Mengajar Guru dan Penggunaan Media Pembelajaran E-learning berpengaruh positif dan signifikan terhadap terhadap hasil belajar mata pelajaran produk kreatif dan kewirausahaan kelas XI OTKP SMK Istiqlal Deli Tua T.A 2020/2021.
Copyrights © 2023