: Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam, khususnya pada materi iman kepada hari akhir. Banyak siswa masih mengalami kesulitan dalam memahami konsep-konsep abstrak terkait peristiwa eskatologis karena metode pembelajaran yang digunakan guru cenderung monoton dan tidak memanfaatkan media yang menarik. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan menerapkan model pembelajaran sharing yang dipadukan dengan media audio visual. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah siswa kelas IX UPTD SPF SMP Negeri 2 Danau Paris tahun ajaran 2023/2024. Data dikumpulkan melalui observasi, tes hasil belajar, wawancara, dan dokumentasi, lalu dianalisis secara kualitatif dan kuantitatif. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan yang signifikan dalam hasil belajar siswa. Pada pra-siklus, sebagian besar siswa belum mencapai Kriteria Ketuntasan Minimal (KKM). Setelah tindakan pada siklus I, terjadi peningkatan meskipun belum optimal. Pada siklus II, hasil belajar siswa meningkat secara signifikan, ditunjukkan dengan lebih dari 85% siswa mencapai KKM. Kesimpulan penelitian ini adalah penerapan model sharing dengan dukungan media audio visual efektif dalam meningkatkan pemahaman konsep iman kepada hari akhir serta menumbuhkan antusiasme siswa dalam pembelajaran PAI
Copyrights © 2024