Penelitian ini mengkaji menurunnya kinerja logistik Indonesia, tercermin dari penurunan skor LPI 2023, terutama dalam pelayanan kepelabuhanan, keandalan, dan sistem digitalisasi yang menghadapi kendala teknis. Kondisi ini mempengaruhi kepuasan dan kepercayaan pengguna jasa pelabuhan, termasuk di PT Krakatau Bandar Samudera (KBS) yang meskipun telah mengadopsi teknologi Smartport System dan INSW, masih mengalami masalah infrastruktur, optimalisasi dermaga, dan kualitas sistem web yang belum stabil. Penelitian ini bertujuan menganalisis peran kualitas sistem web INSW dalam memoderasi hubungan antara pelayanan kepelabuhanan dan kepuasan pengguna jasa, yang berimbas pada kepercayaan pengguna jasa di PT. Krakatau Bandar Samudera. Survei dilakukan dengan kuesioner kepada 130 responden pengguna jasa di PT. KBS, dengan menggunakan teknik analisis Structural Equation Modeling (SEM) melalui SEM-PLS 4.0. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan kepelabuhanan berpengaruh positif terhadap kepuasan dan kepercayaan pengguna jasa. Kualitas sistem web INSW berperan penting dalam memoderasi hubungan tersebut, dengan fokus pada peningkatan efisiensi operasional dan transparansi layanan. Peningkatan kualitas sistem web berkontribusi pada kepuasan pengguna yang memperkuat kepercayaan mereka terhadap perusahaan. Selain itu, kepuasan pengguna memediasi pengaruh pelayanan kepelabuhanan terhadap kepercayaan pengguna, yang memperkuat hubungan kepercayaan jangka panjang.
Copyrights © 2025