IHSAN : Jurnal Pendidikan Islam
Vol. 3 No. 4 (2025): 2025

Upaya Kyai Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan Dalam Meningkatkan Kualitas Pendidikan Islam

Muhammad Arif Khoirul Mustofa (Unknown)
Nurul Iman (Unknown)
Azid Syukroni (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Peran kyai dalam sistem pendidikan pesantren tidak hanya sebagai pengasuh spiritual, tetapi juga sebagai pengambil kebijakan strategis yang menentukan arah peningkatan mutu pendidikan Islam di tengah dinamika global. Penelitian ini bertujuan menganalisis upaya yang dilakukan para kyai di Perguruan Islam Pondok Tremas Pacitan dalam meningkatkan kualitas pendidikan melalui pembaruan kurikulum, pengembangan kompetensi pendidik, penguatan karakter santri, dan inovasi metode pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi untuk memperoleh pemahaman menyeluruh terhadap strategi dan kebijakan pendidikan yang diterapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kyai berperan penting dalam merancang kurikulum adaptif yang mengintegrasikan kitab kuning dan ilmu modern, menyelenggarakan pelatihan guru berkelanjutan, membina karakter santri melalui pendekatan personal, serta memanfaatkan teknologi untuk meningkatkan efektivitas pembelajaran. Penelitian ini menyimpulkan bahwa kepemimpinan kyai yang visioner dan partisipatif menjadi kunci keberhasilan pesantren dalam menjaga relevansi pendidikan Islam di era modern

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ihsan

Publisher

Subject

Humanities Education Languange, Linguistic, Communication & Media Other

Description

Fokus dan Ruang Lingkup Ihsan: Jurnal Pendidikan Islam menerima naskah asli yang tidak diterbitkan dalam bahasa Indonesia atau Inggris, berdasarkan penelitian dari metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif, campuran, atau metodologi apa pun yang terkait dengan ...