Jurnal Ilmiah Dikdaya
Vol 15, No 2 (2025): SEPTEMBER

Efektivitas Teknik Assertive Training Untuk Mengurangi Bullying Di Pondok Pesantren Modern Al-Istiqamah Ngatabaru

Safitri, Devi Ayu (Unknown)
Nurwahyuni, Nurwahyuni (Unknown)
Fitriani, Dian (Unknown)
Puswiartika, Dhevy (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Oct 2025

Abstract

PenelitianinibertujuanuntukmelihatefektivitaslayanankonselingkelompokdenganTeknikAssertive Training untuk mengurangi bullying di PPM Al-Istiqamah Ngatabaru khususnya kelas IX FB, subjek dalam penelitianiniberjumlah8santri.Teknikpengumpulandatadalampenelitianiniadalahkuesionerkorbanbullying Olweus. Data yang telah diperoleh diolah dan dianalisis menggunakan metode deskriptif dan uji hipotesis menggunakanrumusWilcoxonSignedRankTest.Hasilanalisisdeskriptifmenunjukkanbahwasebelumdiberikan layanankonselingkelompokTeknikAssertiveTrainingterdapat4santrikorbanbullyingdenganklasifikasitinggi dan 4 santri korban bullyingdengan klasifikasi sedang. Setelah diberikan layanan konseling kelompok Teknik AssertiveTraining sebanyak4kalipertemuan, terdapat3santrikorban bullyingdenganklasifikasisedangdan5 santrikorbanbullyingdenganklasifikasirendah.HasilujihipotesismenunjukkanbahwaThitung<Ttabelmaka hipotesisnol(Ho)ditolakyangartinyaTeknikAssertiveTrainingefektivuntukmengurangiperilakubullyingpada santridiPPMAl-IstiqamahNgatabaru.Halinimembuktikanjikakonselingkelompok TeknikAssertiveTraining dapat mengurangi perilaku bullying di PPM Al-Istiqamah Ngatabaru

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

dikdaya

Publisher

Subject

Education

Description

Jurnal Ilmiah Dikdaya ISSN 2088-5857 (Print) ISSN 2580-7463 (Online) adalah peer-review jurnal akses terbuka yang bertujuan untuk berbagi dan diskusi mengenai isu dan hasil penelitian yang lagi hangat pada saat ini. Jurnal Ilmiah Dikdaya diterbitkan oleh Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) ...