Jurnal Ilmu Pendidikan dan Psikologi (JIPP)
Vol. 3 No. 1 (2025): Januari

Analisis Implementasi Psikoterapi pada ADHD dalam Perspektif Islam

Azmi Nasywah Awaliyah (Unknown)
Evita Yuliatul Wahidah (Unknown)
Nurmahasani Mustafidah (Unknown)
Zubaidi Wahyono (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Jan 2025

Abstract

Anak Berkebutuhan Khusus (ABK) merupakan individu dengan kondisi berbeda dalam aspek fisik, mental, maupun perilaku sosial, termasuk di dalamnya anak dengan Attention Deficit Hyperactivity Disorder (ADHD). Dalam perspektif Islam, ABK dipandang sebagai amanah dari Tuhan yang harus diperlakukan dengan cinta, kasih sayang, dan keadilan, tanpa diskriminasi. ADHD adalah gangguan perkembangan neuropsikiatri yang ditandai dengan gejala kurang fokus, hiperaktivitas, dan impulsivitas. Faktor penyebab ADHD meliputi aspek genetik, lingkungan, serta pola asuh dan penggunaan teknologi. Penanganan ADHD membutuhkan pendekatan yang holistik, termasuk melalui psikoterapi Islam. Pendekatan ini menekankan kenyamanan emosional anak melalui metode seperti terapi bermain, bernyanyi, dan penggunaan kalimat-kalimat yang menenangkan, serta tidak memaksa anak selama tantrum. Selain itu, teknik seperti sholat, murottal. Al-Quran dan terapi desensitisasi berfungsi sebagai alat penyembuhan yang berlandaskan ajaran Al-Qur'an dan Sunnah. Penelitian mengungkapkan bahwa psikoterapi Islam mampu mengurangi gejala ADHD pada anak-anak, khususnya dalam meningkatkan ketenangan, konsentrasi, dan pengendalian emosi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal ini berisi artikel hasil pemikiran dan penelitian yang ditulis oleh para guru, dosen, pakar, ilmuwan, praktisi, dan pengkaji dalam semua disiplin ilmu yang berkaitan dengan Ilmu Pendidikan dan ...