Penelitian ini memiliki tujuan untuk menyelesaikan masalah yang sedang dihadapi pendidik dan peserta didik, dimana kurangnya pendidik dalam menyajikan materi pembelajaran dan peserta didik yang sulit memahami materi yang diberikan oleh pendidik. Oleh sebab itu solusi yang tepat dalam menghadapi permasalahan tersebut adalah dengan menyusun media pembelajaran. Penelitian ini menggunakan metode quasi eksperimental dengan siswa kelas VII yang berjumlah 23 orang sebagai subjek penelitian. Temuan penelitian menunjukkan bahwa penerapan media pembelajaran monopoli valid dengan skor 96% oleh ahli media, valid dengan skor 84% oleh ahli materi. Kepraktisan media monopoli dinyatakan praktis dengan skor 84% oleh guru dan dinyatakan praktis dengan skor 93% oleh siswa. Keefektifan media monopoli juga dinyatakan efektif dengan skor rata-rata saat pretest memperoleh 57% dan saat postest 84%. Dari hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa penyusunan media pembelajaran monopoli memenuhi standar validitas, efektivitas, dan kemudahan penggunaan. Kata Kunci: Media monopoli, Kegiatan Ekonomi, Validitas, Kepraktisan, Efektivitas.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025