Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini
Vol 8, No 2 (2025): Jurnal Caksana: Pendidikan Anak Usia Dini (In Press)

Mengembangkan Aspek Kognitif Anak Menggunakan Model Problem Based Learning, Explicit Instruction dan Media Magic Box

Amelia, Raudhatul (Unknown)
Suriansyah, Ahmad (Unknown)
Purwanti, Ratna (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Sep 2025

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan aktivitas guru, aktivitas anak, dan menganalisis hasil perkembangan kognitif anak dalam mencocokkan bilangan dengan lambang bilangan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas, yang dilaksanakan dalam 4 kali pertemuan, setting penelitian pada anak kelompok B1 yang berjumlah 16 anak. Jenis data dalam penelitian ini adalah data kualitatif. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi, wawancara dan penilaian keterampilan aspek kognitif. Analisis data dalam penelitian ini menggunakan teknik deskriptif analisis serta cross tabulasi yang dijabarkan dengan tabel, grafik, interpretasi melalui persentase dan sajikan dengan indikator keberhasilan perkembangan yang ditetapkan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) aktivitas guru mendapatkan skor 27 kategori “Sangat Baik”. (2) Aktivitas anak mendapat presentase 100% kategori “Sangat Aktif”. (3) Hasil perkembangan Kognitif mencapai presentase 100% anak berhasil berkembang dengan kategori “Berkembang Sesuai Harapan (BSH) dan Berkembang Sangat Baik (BSB). Disarankan bagi kepala sekolah, guru, dan penelitian selanjutnya dapat menjadi bahan referensi dalam melaksanakan penelitian menggunakan model pembelajaran yang dapat mengembangkan aspek kognitif anak.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PAUD

Publisher

Subject

Education

Description

JURNAL CAKSANA terbit dua kali setahun pada bulan Juni dan Desember berisi tulisan gagasan konseptual, kajian dan aplikasi teori, tulisan praktisi dan hasil penelitian dan pengajaran dalam bidang keilmuaan pendidikan anak usia ...