PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 9 Nomor 2 Oktober 2025

Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Pelajaran IPA di Sekolah Menengah Pertama

Waruwu, Elhan Syah Putra (Unknown)
Gulo, Hardikupatu (Unknown)
Telaumbanua, Desman (Unknown)
Harefa, Agnes Renostini (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menemukan dampak dari Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw terhadap hasil belajar siswa dalam mata pelajaran sains di SMP Negeri 3 Lolofitu Moi. Model Pembelajaran Kooperatif Jigsaw merupakan metode pendidikan yang mengarahkan siswa untuk mengembangkan pemahaman dan bekerja sama dalam kelompok kecil, di mana setiap individu memiliki kesempatan untuk terlibat secara aktif dalam tugas kelompok yang telah ditetapkan. Penelitian ini menerapkan desain kontrol kelompok pasca-tes saja, menggunakan metodologi eksperimental dan pendekatan kuantitatif. Populasi yang terlibat dalam studi ini terdiri dari 50 individu, dengan 25 siswa di kelas VIII-1 yang menjadi sampel eksperimen dan 25 siswa di kelas VIII-2 sebagai kelompok kontrol. Mereka dipilih menggunakan teknik sampling acak. Uji hasil belajar yang terdiri dari 20 soal objektif digunakan sebagai alat ukur. Dengan tingkat signifikansi 5%, uji t independen menghasilkan nilai t hitung 5,316 > t tabel 2,069, menunjukkan bahwa Ho ditolak dan Ha diterima. Dengan demikian, dalam mata pelajaran ilmu pengetahuan di SMP Negeri 3 Lolofitu Moi, metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw menunjukkan pengaruh yang besar terhadap hasil belajar siswa. Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw dapat disimpulkan sebagai pendekatan yang paling fokus pada penyelesaian masalah dan berdampak positif dalam meningkatkan prestasi akademik siswa.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...