PEMBELAJAR: Jurnal Ilmu Pendidikan, Keguruan, dan Pembelajaran
Volume 9 Nomor 2 Oktober 2025

Pengaruh Verbal Aggression Terhadap Self Esteem Siswa Yang Menjadi Korban Di Sekolah Menengah Atas Negeri

Wulandari, Lusiana (Unknown)
Rasimin, Rasimin (Unknown)
Yusra, Affan (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh verbal aggression terhadap self esteem siswa. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif ex post facto dengan analisis regresi linier sederhana. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan sampel yang terdiri dari 115 siswa. Data dikumpulkan melalui instrumen untuk mengukur tingkat verbal aggression yang dialami korban dan tingkat self esteem yang dimilikinya. Hasil analisis regresi sederhana menunjukkan nilai constant (a) adalah 252,148 dan (beta) sebesar -0,272 serta sig. 0,000 < 0,005 hal ini bermakna verbal aggression berpengaruh signifikan terhadap penurunan self esteem. Koefisien -0,272 artinya bahwa setiap penambahan 1% nilai verbal aggression (X) maka self esteem akan menurun sebesar -0,272. Tanda negatif dalam hasil tersebut menunjukan adanya perngaruh yang berbanding terbalik. Berdasarkan model summary diketahui nilai koefisien determinasi (R Square) sebesar 0,089 atau 8,9% sehingga dapat diketahui bahwa besar kontribusi pengaruh variabel verbal aggression (X) terhadap self esteem (Y) pada korban adalah 8,9%. Kesimpulannya penelitian ini adalah verbal aggression berpengaruh rendah terhadap self esteem korban di SMA Negeri 14 kota Jambi.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pembelajar

Publisher

Subject

Education

Description

PEMBELAJAR menerbitkan hasil pemikiran dan hasil penelitian yang ditulis oleh pakar, pendidik, ilmuan, dan praktisi pendidikan pada bidang Pendidikan, Keguruan, dan ...