Pengabdian Pendidikan Indonesia (PPI)
Vol. 2 No. 01 (2024): Artikel Periode April 2024

Pelatihan Pemahaman Kurikulum Merdeka Belajar pada Guru di SMAK Kab. Kupang

Saetban, Sem (Unknown)
Daik, Marlen Angela (Unknown)
Foeh, Yonatan (Unknown)
Sole , Yanti Y.E. (Unknown)
Mambraw, Daud (Unknown)
Kleing, Imanuel (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Jul 2024

Abstract

Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat yang dibingkai dalam bentuk pelatihan ini didasarkan pada kenyataan bahwa salah satu terobosan terbaru dalam dunia pendidikan adalah dengan diluncurkannya kurikulum merdeka belajar oleh Menteri pendidikan yang bertujuan mengembalikan otoritas pengelolaan pendidikan kepada sekolah dan pemerintah daerah. Namun, permasalahan yang masih dijumpai adalah bahwa hingga saat ini masih ada masih banyak guru-guru yang belum memahami spenuhnya terkait kebijakan kurikulum Merdeka Belajar khususnya dalam komponen penilaian dan administrasi mengajar. Hal ini disebabkan oleh karena mereka belum pernah mengikuti sosialisasi terkait implementasi kurikulum merdeka sebelumnya. Kegiatan ini dilaksanakan di SMAK Kab. Kupang dan berlangsung selama 2 hari. Kegiatan Pengabdian kepada Masyarakat ini dilaksanakan dalam bentuk sosialisasi dan pelatihan dengan menggunakan metode ceramah dan diskusi. Hasil pelaksanaan kegiatan ini menunjukan bahwa kegiatan pelatihan dan pemahaman kurikulum merdeka belajar yang disasarkan pada guru-guru SMAK Kabupaten Kupang dikatakan berhasil terbukti melalui hasil evaluasi pada nilai pretest dan posttest nilai rata-rata pretest 16,5 dan nilai postest sebesar 21,81 artinya bahwa ada peningkatan nilai sebesar 5,31. Selanjutnya untuk memperoleh kesimpulan yang valid maka diuji rata-rata signifikansi perbedaa kedua data maka dihitung menggunakan persamaan uji t sehingga diperloeh ????????????????????????? = 8,94 > ???????????????????????? = 1,753 artinya bahwa ada perbedaan pemahaman guru sebelum dan sesudah pelaksanaan kegiatan pengabdian.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ppi

Publisher

Subject

Education Other

Description

Jurnal Pengabdian Pendidikan Indonesia (PPI) bertujuan untuk mempublikasikan hasil pengabdian di bidang pendidikan yang berfokus pada penerbitan artikel yang berkualitas dan bermanfaat bagi perkembangan pendidikan. Artikel yang diserahkan akan ditinjau oleh komite teknis Jurnal. Semua artikel yang ...