JURNAL PENDIDIKAN TAMBUSAI
Vol. 9 No. 3 (2025): Desember

Manajemen Nutrisi dan Keseimbangan Energi pada Atlet Wanita: Tantangan dan Strategis

Siregar, Nurhamidah Sari (Unknown)
Nasution, Silvia Fauziah (Unknown)
Tanjung, Adi Pranata (Unknown)
Kaban, Beri Gustapo (Unknown)
Tarigan, Dio Sandri (Unknown)
Pangaribuan, Romiando (Unknown)
Pasaribu, Sautma Parulian (Unknown)



Article Info

Publish Date
09 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tantangan utama dalam manajemen nutrisi dan keseimbangan energi pada atlet wanita serta merumuskan strategi yang efektif untuk mengatasi tantangan tersebut demi mengoptimalkan kesehatan dan performa atletik.Penelitian ini menggunakan Metode Kualitatif Deskriptif dengan teknik pengumpulan data berupa studi literatur (kajian pustaka). Data dikumpulkan dari buku, jurnal nasional, artikel ilmiah, dan skripsi yang relevan. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman, meliputi reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan.Hasil tinjauan literatur menunjukkan bahwa isu sentral pada atlet wanita adalah risiko Defisiensi Energi Relatif dalam Olahraga (REDs) yang disebabkan oleh rendahnya ketersediaan energi (Low Energy Availability/LEA) dibandingkan kebutuhan latihan. Tantangan yang teridentifikasi diklasifikasikan menjadi tiga: 1) Tantangan Ilmiah dan Metodologis (misalnya, kesulitan mengukur ketersediaan energi secara akurat dan variabilitas siklus menstruasi); 2) Tantangan Praktis dan Pelaksanaan (misalnya, kurangnya pengetahuan gizi dasar dan keterbatasan akses ke Ahli Gizi Olahraga tersertifikasi); serta 3) Tantangan Psikologis dan Budaya (misalnya, tekanan estetika untuk mempertahankan berat badan rendah). Konsekuensi dari LEA adalah peningkatan risiko cedera, penyakit, disfungsi menstruasi (amenore), dan penurunan kinerja.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jptam

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Pendidikan Tambusai is Jurnal Electronic which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, students, education and education personnel, issues ...