Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS)
Vol. 6 No. 6 (2025): Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (Oktober-November 2025)

Evaluasi Pelaksanaan Inovasi Gerakan Satu Sekolah Satu Kearifan Lokal dalam Pengarusutamaan Kebudayaan Melalui Pendidikan (Studi Kasus di Kota Singkawang Tahun 2021-2023)

Pontoh, Novita Yuliastri (Unknown)
Deliarnoor, Nandang Alamsah (Unknown)
Hermawati, Rina (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini mengevaluasi pelaksanaan inovasi Gerakan Satu Sekolah Satu Kearifan Lokal (GS3KL) sebagai bagian dari strategi pengarusutamaan kebudayaan melalui pendidikan di Kota Singkawang pada tahun 2021–2023. Evaluasi dilakukan menggunakan enam kriteria dari William N. Dunn: efektivitas, efisiensi, kecukupan, perataan, responsivitas, dan ketepatan. Dengan pendekatan studi kasus kualitatif, data dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan studi dokumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa: (a) efektivitas sudah terlihat pada tahap awal, namun belum optimal; (b) efisiensi belum merata antar sekolah; (c) kecukupan masih terbatas akibat kesenjangan sumber daya; (d) perataan belum terpenuhi secara adil, khususnya dalam akses, pelatihan, dan pelibatan aktor budaya; (e) responsivitas cenderung positif namun belum menyeluruh; dan (f) ketepatan kebijakan tergolong cukup tinggi secara kontekstual. Studi ini menekankan pentingnya penguatan dukungan kelembagaan dan keterlibatan masyarakat untuk menjamin keberlanjutan kebijakan pendidikan berbasis budaya.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

JMPIS

Publisher

Subject

Decision Sciences, Operations Research & Management Education Social Sciences

Description

Focus and Scope FOCUS Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memfokuskan diri pada riset tentang Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial. Pendekatan metode penelitian meliputi: Kuantitatif, Kualitatif, dan Mix Method. Jurnal Manajemen Pendidikan dan Ilmu Sosial (JMPIS) memiliki tujuan ...