Community Engagement and Emergence Journal (CEEJ)
Vol. 6 No. 6 (2025): Community Engagement & Emergence Journal (CEEJ)

Pengaruh Promosi Online,Reputasi Merk,Pengalaman Pengguna Terhadap Keputusan Penggunaan Aplikasi Dompet Digital (OVO) Di Kota Medan

Tanedy, Shenny Florencia (Unknown)
Hotama, Carla (Unknown)
Permana, Jaka (Unknown)
Sibarani, Hendra Jonathan (Unknown)



Article Info

Publish Date
07 Oct 2025

Abstract

OVO, dompet digital yang populer dan tepercaya merupakan aplikasi dompet digital terpopuler ketiga di Indonesia, setelah GoPay (88%) dan DANA (83%), dengan basis pengguna mencapai sekitar 76% dari populasi nasional. Seiring dengan penggunaan layanan keuangan digital yang terus berkembang, pemahaman mengenai faktor-faktor yang mempengaruhi adopsi pengguna terhadap aplikasi-aplikasi tersebut menjadi semakin penting. Penelitian ini bermaksud untuk menguji pengaruh promosi online, reputasi merek, dan pengalaman pengguna terhadap keputusan pengguna dalam menggunakan aplikasi dompet digital OVO. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif untuk mengeksplorasi hubungan tersebut secara lebih sistematis Penelitian dilakukan pada populasi sebanyak 200 pengguna OVO di Kota Medan. Teknik random sampling digunakan untuk memilih 133 responden untuk analisis utama, sementara 30 responden tambahan dipilih dari populasi yang tersisa untuk menguji validitas dan reliabilitas . Data dikumpulkan melalui kuesioner terstruktur dan dianalisis menggunakan metode statistik, dengan menggunakan analisis regresi linier berganda, temuan menunjukkan bahwa promosi online memiliki pengaruh positif yang signifikan terhadap pengambilan keputusan pengguna terkait penggunaan aplikasi OVO. Demikian pula, reputasi merek terbukti mempengaruhi keputusan pengguna, menunjukkan bahwa kepercayaan dan citra merek memainkan peran penting dalam pasar dompet digital yang kompetitif. Selain itu, pengalaman pengguna juga terbukti memiliki dampak yang signifikan, menyoroti pentingnya kemudahan penggunaan, kepuasan pengguna, dan desain antarmuka. Studi ini juga menyimpulkan bahwa promosi online, reputasi merek, dan pengalaman pengguna secara kolektif memengaruhi keputusan pengguna untuk mengadopsi OVO. Hasil penelitian ini memberikan wawasan yang berharga bagi para pemasar, pengembang, dan penyedia layanan dompet digital yang ingin meningkatkan akuisisi dan retensi pengguna di lanskap fintech yang semakin kompetitif.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

ceej

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Health Professions

Description

CEEJ is a journal for the development and application of science and technology that includes publication of the results of community service activities, models or concepts or their implementation in the context of increasing community participation in development, community empowerment or the ...