E-JUPEKhu
Vol 13, No 2 (2025)

Meningkatkan Kemampuan Penjumlahan Bilangan 1-20 Melalui Media Summation Board bagi Anak Disabilitas Intelektual Kelas V di SLB YPAC Sumatera Barat

Syaharani, Cindy (Unknown)
Damri, Damri (Unknown)
Kusumastuti, Grahita (Unknown)



Article Info

Publish Date
03 Jul 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang ditemukan oleh peneliti di SLB YPAC Sumatera Barat. Seorang siswa disabilitas intelektual yang belum mampu menghitung operasi hitung penjumlahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan dengan menggunakan media Summation Board. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eskperimen dalam bentuk single subject research (SSR), dengan pola desain A-B-A. hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline awal (A1), yang dilakukan selama tiga sesi pertemuan, diperoleh data yang stabil yaitu 9%. Pada fase intervensi (B), yang dilakukan selama enam pertemuan dengan memperoleh presentase stabil 90%. Selanjutnya pada sesi baseline (A2) yang dilakukan selama tiga kali pertemuan memiliki presentase stabil yaitu 81%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Summation Board dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan pada bilangan 1-20.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...