Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang ditemukan oleh peneliti di SLB YPAC Sumatera Barat. Seorang siswa disabilitas intelektual yang belum mampu menghitung operasi hitung penjumlahan. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan penjumlahan dengan menggunakan media Summation Board. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian eskperimen dalam bentuk single subject research (SSR), dengan pola desain A-B-A. hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline awal (A1), yang dilakukan selama tiga sesi pertemuan, diperoleh data yang stabil yaitu 9%. Pada fase intervensi (B), yang dilakukan selama enam pertemuan dengan memperoleh presentase stabil 90%. Selanjutnya pada sesi baseline (A2) yang dilakukan selama tiga kali pertemuan memiliki presentase stabil yaitu 81%. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa media Summation Board dapat meningkatkan kemampuan penjumlahan pada bilangan 1-20.
Copyrights © 2025