E-JUPEKhu
Vol 13, No 2 (2025)

Efektivitas Media Diorama Dalam Peningkatan Kemampuan Mengenal Habitat Hewan Bagi Anak Penyandang Disabilitas Fisik

Putri, Indah Natasya (Unknown)
Nurhastuti, Nurhastuti Nurhastuti (Unknown)
Efrina, Elsa Efrina (Unknown)
Ardisal, Ardisal Ardisal (Unknown)
Zulpiani, Mardhatillah Zulpiani (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Jul 2025

Abstract

 Penelitian ini bertujuan untuk membantu meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengenal habitat hewan dengan memanfaatkan media pembelajaran diorama. Peneliti menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan pendekatan eksperimen dalam bentuk Single Subject Research (SSR). Dengan desain A-B-A. Data dianalisis dengan analisis visual grafik. Teknik dalam pengumpulan data berupa tes dan alat pengumpulan data soal tes. Subjek dari penelitian ini yaitu peserta didik Penyandang Disabilitas Fisik Fase C kelas VI di SLB Wacana Asih. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan, diperoleh persentase stabil sebesar 30%. Pada kondisi intervensi (B) yang dilakukan sebanyak tujuh kali pengamatan, diperoleh persentase stabil sebesar 90%, dan pada kondisi baseline (A2) yang dilakukan sebanyak tiga kali pengamatan, diperoleh kembali persentase stabil sebesar 95%. Berdasarkan hasil tersebut, dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran diorama dapat meningkatkan kemampuan mengenal habitat hewan bagi anak penyandang disabilitas fisik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...