E-JUPEKhu
Vol 13, No 2 (2025)

Meningkatkan Kemampuan Berhitung 1-10 Pada Peserta Didik Disabilitas Intelektual Ringan Kelas III Melalui Modifikasi Permainan Engklek

Budiman, Budiman (Unknown)
Triswandari, Retno (Unknown)
Ardisal, Ardisal (Unknown)
Safaruddin, Safaruddin (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Jun 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan siswa disabilitas intelektual ringan yang mengalami kesulitan dalam berhitung 1-10 di SLBN Kuala Tungkal kelas III. Salah satu solusi yang dapat diberikan adalah menggunakan modifikasi permainan engklek. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik disabilitas intelektual ringan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian sebanyak 3 orang peserta didik. Hasil pembelajaran peserta didik pada kemampuan awal adalah R 67%, A 70%, MA 58%. Kemudian pada siklus I yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan diperoleh dari hasil yang menunjukkan persentase pada siswa R 67%, A 70%, MA 58%. Setelah dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan pada siklus II maka memperoleh hasil rata-rata dari ketiga siswa yaitu  R 94%, A 94%, MA 88%. Berdasarkan hasil kemampuan yang diperoleh peserta didik, bahwa peserta didik telah mampu berhitung 1-10 sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti dan kolaborator.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...