Penelitian ini dilatar belakangi oleh permasalahan siswa disabilitas intelektual ringan yang mengalami kesulitan dalam berhitung 1-10 di SLBN Kuala Tungkal kelas III. Salah satu solusi yang dapat diberikan adalah menggunakan modifikasi permainan engklek. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan kemampuan berhitung peserta didik disabilitas intelektual ringan. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) dengan subjek penelitian sebanyak 3 orang peserta didik. Hasil pembelajaran peserta didik pada kemampuan awal adalah R 67%, A 70%, MA 58%. Kemudian pada siklus I yang dilakukan sebanyak 3 kali pertemuan diperoleh dari hasil yang menunjukkan persentase pada siswa R 67%, A 70%, MA 58%. Setelah dilaksanakan sebanyak tiga kali pertemuan pada siklus II maka memperoleh hasil rata-rata dari ketiga siswa yaitu R 94%, A 94%, MA 88%. Berdasarkan hasil kemampuan yang diperoleh peserta didik, bahwa peserta didik telah mampu berhitung 1-10 sesuai dengan yang diharapkan oleh peneliti dan kolaborator.
Copyrights © 2025