Penelitian ini dilakukan karena peneliti menemukan masalah di SLB Negeri Mandailing Natal, Peserta didik belum mengenal lambang bilangan 1-10. Tujuan Penelitian ini adalah meningkatkan kemampuan peserta didik dalam mengenali lambang bilangan dengan menggunakan model pembelajaran Realistic Mathematics Education (RME). Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dan jenis penelitian yang digunakan adalah eksperimen dalam bentuk single subject research (SSR). Pola desain yang digunakan adalah A-B-A, hasil penelitian menunjukkan bahwa pada fase baseline awal (A1), yang dilakukan selama tiga sesi pertemuan, diperoleh data yang stabil sebesar 10%. Pada fase intervensi (B), yang dilakukan dalam delapan pertemuan, persentase meningkat menjadi 56%. Selanjutnya pada sesi baseline (A2) yang dilakukan selama tiga kali pertemuan diperoleh presentase stabil sebesar 66%. Berdasarkan hasil penelitian tersebut, dapat disimpulkan bahwa Realistic Mathematics Education (RME) mampu meningkatkan kemampuan pesertadidik dalam mengenali lambang bilangan 1-10.
Copyrights © 2025