E-JUPEKhu
Vol 13, No 2 (2025)

Efektivitas Model Discovery Learning Untuk Meningkatkan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan Pada Anak Disabilitas Intelektual Ringan

Destia, Rusi Lola (Unknown)
Tsaputra, Antoni (Unknown)
Damri, Damri (Unknown)
Muspita, Rila (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Sep 2025

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi dari permasalahan yang peneliti temukan di SLBNegeri 1 Painan yaitu seorang peserta didik disabilitas intelektual ringan yang belummampu mengenal lambang bilangan. Untuk mengatasi permasalahan tersebut,digunakan pendekatan pembelajaran yang lebih konkret dan kontekstual melaluipenerapan model discovery learning. Tujuan penelitian ini adalah untuk membuktikanmodel discovery learning efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal lambangbilangan 1 sampai 20 pada anak disabilitas intelektual ringan kelas II di SLB Negeri 1Painan. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian kuantitatif dengan metodeeksperimen berbentuk SSR (single subject research) dan desain A-B-A.Hasil penelitian menunjukkan pada kondisi baseline (A1) dilakukan pengamatansebanyak 4 kali dengan persentase stabil 56%. Setelah diberikan intervensi (B)menggunakan model discovery learning, terjadi peningkatan dengan presentase stabil93% dan pada kondisi baseline (A2) memperoleh persentase stabil 93%.Berdasarkan analisis data, disimpulkan bahwa model Discovery Learning efektifdalam meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan 1-20 pada anakdisabilitas intelektual ringan

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jupekhu

Publisher

Subject

Education

Description

JUPPEKhu: Jurnal Penelitian Pendidikan Khusus is a peer-reviewed, publishes research manuscripts in the field of special education. The Focus and scope of the journals are to: 1) Early Intervention of Children with Special Needs 2) Identification and Assessment of Children with Special Needs 3) ...