Penelitian ini dilatarbelakangi oleh permasalahan seorang anak disabilitas fisik yang belum mampu mengenal simbol dalam lambang negara Garuda Pancasila pada pembelajaran pendidikan pancasila, yang sebelumnya sudah pernah diajarkan guru dengan alat bantu berupa media pembelajaran papan simbol Garuda Pancasila. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas video pembelajaran untuk meningkatkan kemampuan mengenal simbol lambang Garuda Pancasila. Jenis penelitian ini yaitu penelitian eksperimen, dengan menggunakan pendekatan kuantitatif dalam bentuk single subject research (SSR) dengan pola desain A-B-A. Penelitian ini dilakukan pada tanggal 20 Mei 2025 sampai 12 Juni 2025. Subjek penelitian ini yaitu anak disabilitas fisik di kelas III SLB N 2 Padang. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada kondisi baseline (A1) selama tiga sesi pertemuan, kemampuan mengenal simbol lambang Garuda Pancasila anak tetap stabil yaitu 20%. Setelah dilakukan intervensi menggunakan video pembelajaran selama tujuh kali sesi pertemuan mencapai skor 100% pada pertemuan delapan hingga kesepuluh. Selanjutnya pada kondisi baseline (A2) selama tiga sesi, kemampuan peserta didik menunjukkan stabil yaitu 90%. Dengan demikian, penggunaan media video pembelajaran terbukti efektif dalam meningkatkan kemampuan mengenal simbol lambang Garuda Pancasila pada anak disabilitas fisik kelas III di SLB N 2 Padang.
Copyrights © 2025