Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Islam
Vol 10, No 2 (2025): Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam

Evaluasi Berbasis Digital Dalam Pembelajaran Bahasa Arab di Madrasah Tsanawiyah Al-Mubaraak Bengkulu

Hidayatullah, Ahmad Arief (Unknown)
Dari, Ikke Wulan (Unknown)



Article Info

Publish Date
14 Dec 2025

Abstract

AbstractThis study aims to describe the digital-based evaluation in Arabic language learning at MTs Kreatif Al-Mubaraak Bengkulu. Using a qualitative descriptive research method, this study collects data through observation, interviews, and documentation. The subjects of the study include Arabic language teachers and eighth-grade students. The results of the study show that the use of digital evaluation systems, such as Google Forms and other supporting applications, facilitates teachers in creating, distributing, and compiling evaluation results quickly and accurately. Additionally, students showed a positive response to the use of digital media in evaluation because it is considered more engaging, flexible, and interactive. The digital evaluation system also enables teachers to provide direct and in-depth feedback to students and helps students identify mistakes and improve their understanding. This aligns with the principles of formative and authentic assessment, which promote continuous improvement in the quality of learning. This study concludes that the implementation of a digital evaluation system in Arabic language learning contributes significantly to enhancing the effectiveness of assessment, helping both teachers and students to conduct evaluations that are more efficient and aligned with modern educational needs.Keywords: learning assessment, digital systems, qualitative descriptive Abstrak Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan evaluasi berbasis digital dalam pembelajaran Bahasa Arab di MTs Kreatif Al-Mubaraak Bengkulu. Menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif, penelitian ini mengumpulkan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Subjek penelitian terdiri atas guru mata pelajaran Bahasa Arab dan siswa kelas VIII. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan sistem evaluasi berbasis digital, seperti Google Form dan aplikasi pendukung lainnya, dapat mempermudah guru dalam menyusun, mendistribusikan, dan merekap hasil evaluasi secara cepat dan akurat. Selain itu, siswa menunjukkan respon positif terhadap penggunaan media digital dalam evaluasi, karena dianggap lebih menarik, fleksibel, dan interaktif. Sistem evaluasi berbasis digital juga memungkinkan guru untuk memberikan umpan balik langsung dan mendalam kepada siswa, serta membantu siswa dalam mengidentifikasi kesalahan dan meningkatkan pemahaman mereka. Hal ini sejalan dengan prinsip evaluasi formatif dan otentik yang mendorong peningkatan kualitas pembelajaran secara berkelanjutan. Penelitian ini menyimpulkan bahwa penerapan sistem evaluasi digital dalam pembelajaran Bahasa Arab memberikan kontribusi yang signifikan terhadap peningkatan efektivitas penilaian, membantu guru dan siswa untuk melakukan evaluasi yang lebih efisien dan sesuai dengan kebutuhan pendidikan modern.Kata Kunci: evaluasi pembelajaran, sistem digital, kualitatif deskriptif

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

albahtsu

Publisher

Subject

Religion Humanities Education Social Sciences Other

Description

Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian dan Pendidikan Islam merupakan sumber referensi terpercaya dan kredibel untuk penelitian dan pengembangan pendidikan Islam. Dengan reputasi yang terus berkembang dan dukungan dari institusi akademik resmi, jurnal ini menjadi pilihan utama bagi para peneliti dan pendidik ...