PROGRES PENDIDIKAN
Vol. 6 No. 3 (2025): September 2025

EFEKTIVITAS PLATFORM NEARPOD DALAM MENDUKUNG PEMBELAJARAN BERDIFERENSIASI TERHADAP PENINGKATAN HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK

Rahmadila, Aisya Sava (Unknown)
Putri, Alvia Amalani Mujaroh (Unknown)
Syifaanddini, Shalihah (Unknown)
Sutini, Sutini (Unknown)
Elghufri, Lutfi Mushonif (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan platform Nearpod dalam mendukung pembelajaran berdiferensiasi terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode eksperimen yakni Pre-Eksperimental Design dengan desain penelitian One-Group Pretest Posttest Design. Data diperoleh dari 27 peserta didik kelas IV B Madrasah Ibtidaiyah Negeri 2 Sidoarjo. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat perbedaan yang signifikan setelah diadakan Pre-Test yakni sebelum diberikan materi pembelajaran dan Post-Test yakni sesudah diberikan materi pembelajaran. Sehingga dapat disimpulkan bahwasanya Platform Nearpod efektif untuk mendukung pembelajaran berdiferensiasi dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik kelas IV pada mata pelajaran IPAS (Ilmu Pengetahuan Alam dan Sosial) materi fotosintesis di MIN 2 Sidoarjo.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

PROSPEK

Publisher

Subject

Education Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

PROGRES PENDIDIKAN merupakan jurnal yang mempublikasikan artikel-artikel hasil penelitian dan kajian studi literatur dalam bidang pendidikan dasar. Bidang pendidikan dasar ini mencakup, model pembelajaran, evaluasi pembelajaran, strategi pembelajaran, media pembelajaran dan lima mata pelajaran utama ...