Pemanfaatan media pembelajaran berbasis digital pada pembelajaran bahasa Inggris di sekolah dasar masih jarang digunakan. Penelitian ini bertujuan untuk untuk menganalis kebutuhan terhadap pengembangan multimedia interaktif untuk pembelajaran bahasa Inggris. Jenis penelitian ini adalah research and development dengan model ADDIE. Namun, dalam penelitian berfokus pada tahap pertama yaitu analyze. Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara kepada peserta didik dan guru, angket peserta didik, dan studi dokumentasi. Data yang telah terkumpul kemudian dianalisis secara deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil temuan dari observasi, wawancara kepada peserta didik dan guru, serta angket peserta didik dapat diperoleh bahwa 1) pembelajaran bahasa Inggris masih bergatung pada penggunaan buku paket, 2) peserta didik mengalami kesulitan dalam kosakata bahasa Inggris, 3) pembelajaran kurang interaktif, dan 4) 100% peserta didik tertarik pembelajaran dengan media yang memuat gambar, audio, video, animasi dan teks, dan 5) hasil angket kebutuhab secara keseluruhan memperoleh skor 75,2% dengan kategori diperlukan pengembangan media pembelajaran. Berdasarkan temuan tersebut maka dibutuhkan pengembangan multimedia interaktif guru dalam pembelajaran bahasa Inggris.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025