Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 3 (2025): Agustus

Studi Penerapan Cooperative Learning dalam Analisis Buku Siswa Materi Menyimak Untuk Pembelajaran Bahasa Indonesia oleh Mahasiswa Program Studi PGSD

Tamarin, Vina (Unknown)
Sabarudin, Sabarudin (Unknown)
Anafiah, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Kemampuan menyimak merupakan keterampilan dasar yang penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, namun sering kali kurang mendapat perhatian, termasuk dalam pemanfaatan buku siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan refleksi mahasiswa PGSD terhadap penerapan model Cooperative Learning dalam menganalisis buku siswa materi menyimak. Penelitian dilakukan di salah satu kampus Prodi PGSD swasta di Yogyakarta dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-formal kepada lima mahasiswa peserta perkuliahan. Analisis data menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sesuai model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif mendorong mahasiswa untuk aktif berdiskusi, memahami teknik menyimak secara teori dan praktik, serta mampu merancang pembelajaran yang sesuai untuk siswa SD. Mahasiswa juga menunjukkan sikap kritis dan kolaboratif dalam menganalisis buku siswa. Kesimpulannya, penerapan Cooperative Learning dalam analisis buku siswa efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan keterampilan pedagogis mahasiswa PGSD sebagai calon guru.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...