Kemampuan menyimak merupakan keterampilan dasar yang penting dalam pembelajaran Bahasa Indonesia di sekolah dasar, namun sering kali kurang mendapat perhatian, termasuk dalam pemanfaatan buku siswa. Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan refleksi mahasiswa PGSD terhadap penerapan model Cooperative Learning dalam menganalisis buku siswa materi menyimak. Penelitian dilakukan di salah satu kampus Prodi PGSD swasta di Yogyakarta dengan pendekatan kualitatif dan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui wawancara semi-formal kepada lima mahasiswa peserta perkuliahan. Analisis data menggunakan tahapan kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan sesuai model Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran kooperatif mendorong mahasiswa untuk aktif berdiskusi, memahami teknik menyimak secara teori dan praktik, serta mampu merancang pembelajaran yang sesuai untuk siswa SD. Mahasiswa juga menunjukkan sikap kritis dan kolaboratif dalam menganalisis buku siswa. Kesimpulannya, penerapan Cooperative Learning dalam analisis buku siswa efektif dalam meningkatkan pemahaman konseptual dan keterampilan pedagogis mahasiswa PGSD sebagai calon guru.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2025