Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 3 (2025): Agustus

Pembelajaran Model Kooperatif Tipe Window Shopping Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Ekosistem Kelas X MA At-Taqwa Suren

Faradilla, Meitha Adinda (Unknown)
Maharani, Lila (Unknown)
Fatimah, Fita (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Aug 2025

Abstract

Dasar konteks penelitian yaitu dari hasil belajar siswa yang rendah dimana dalam Penilaian Akhir Semester hanya 40% siswa yang memperoleh nilai di atas KKM (76). Hal ini disebabkan oleh siswa kurang memerhatikan penjelasan yang disampaikan oleh guru dan siswa masih pasif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa dengan pembelajaran model kooperatif tipe window shopping pada materi ekosistem kelas X MA At-Taqwa. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas (classroom action research) yang dilaksanakan dengan dua siklus, pada tiap siklus memiliki tahapan, yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Subjek penelitian adalah siswa kelas X MA At-Taqwa dengan jumlah 24 siswa. Teknik pengumpulan data yaitu melalui tes dari hasil belajar, lembar observasi. Dari hasil penelitian menunjukkan nilai rata-rata siklus I sebesar 74,3 dengan persentase ketuntasan 70,8% dan pada siklus ke II nilai rata-rata 82,6 dengan persentase ketuntasan 83,3%. Dengan demikian, pembelajaran model kooperatif tipe window shopping dinyatakan berhasil meningkatkan hasil belajar siswa di kelas.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...