Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 3 (2025): Agustus

Kesiapan Guru PAI Dalam Memanfaatkan ICT: Analisis Kompetensi, Tantangan dan Strategi Solutif di Era Digital

Sukmawati, Anis (Unknown)
Alviatin, Anis Kurnia (Unknown)
Mubarok, Ahmad Hasin (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Perkembangan teknologi digital menuntut guru Pendidikan Agama Islam (PAI) untuk beradaptasi dengan pemanfaatan Information and Communication Technology (ICT) dalam proses pembelajaran. Namun, integrasi ICT dalam pembelajaran PAI masih menghadapi berbagai tantangan, baik dari segi kompetensi guru, fasilitas, maupun budaya penggunaan teknologi di sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis kesiapan guru PAI dalam memanfaatkan ICT dengan menyoroti aspek kompetensi, tantangan, serta strategi solutif di era digital. Metode yang digunakan adalah studi kepustakaan (library research) dengan menganalisis literatur terkait dari buku, jurnal, dan penelitian terdahulu. Hasil penelitian menunjukkan bahwa sebagian besar guru PAI masih menghadapi kendala dalam penguasaan teknologi, rendahnya motivasi untuk beradaptasi dengan perkembangan ICT, serta keterbatasan fasilitas dan pelatihan. Selain itu, terdapat kesenjangan antara kebijakan digitalisasi pendidikan dan implementasi di lapangan. Kesimpulannya, peningkatan literasi digital, pelatihan berkelanjutan, dan dukungan institusi sangat diperlukan agar guru PAI mampu mengintegrasikan ICT secara optimal dalam pembelajaran, sehingga dapat meningkatkan kualitas pendidikan agama dan membentuk generasi yang berdaya saing di era digital.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...