Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 3 (2025): Agustus

Studi Literatur: Analisis Pengaruh Model Problem-Based Learning Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar pada Pembelajaran IPS

Putri, Kansa Aura (Unknown)
Amri, Mira Amelia (Unknown)
Putra, Adi (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Jul 2025

Abstract

Pada era globalisasi saat ini, berpikir kritis ialah salah satu keterampilan utama yang dikuasai dalam bidang pendidikan. Tujuan artikel ini adalah menganalisis dampak model Problem-Based Learning (PBL) terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam konteks pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial (IPS). Metode yang digunakan adalah studi literatur terhadap 10 artikel ilmiah yang diterbitkan antara 2020 dan 2025. Fokus penelitian ini adalah pada proses PBL yang mengintegrasikan teknologi digital dengan materi IPS yang kompleks. Temuan analisis menunjukkan bahwa pendekatan PBL efektif dalam mengembangkan keterampilan berpikir kritis siswa, terutama dalam menangani isu-isu kontekstual dan menganalisis masalah dunia nyata. Oleh karena itu, PBL merupakan paradigma pengajaran yang efektif dan fleksibel yang dapat diterapkan dalam kelas IPS di sekolah dasar. Model ini bahkan kebih efektif ketika dipadukan dengan teknologi digital untuk menciptakan pengalaman belajar yang lebih dinamis dan menarik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...