Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 3 (2025): Agustus

Pengaruh Model Student Centered Learning Berbantu Spin The Wheel Terhadap Hasil Belajar IPAS Siswa Kelas V SDN 104 Palembang

Maharani, Inka (Unknown)
Putri, Mega Kusuma (Unknown)
Aryaningrum, Kiky (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh model student centered learning berbantu spin the wheel terhadap hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 104 Palembang. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan desain true experimental berbentuk posttest-only control design. Sampel diambil secara simple random sampling, terdiri dari dua kelas: VC sebagai kontrol dan VD sebagai eksperimen, dengan total 60 siswa. Pengumpulan data dilakukan melalui tes posttest berbentuk pilihan ganda. Analisis data menggunakan uji prasyarat dan uji independent t-test menunjukkan nilai signifikansi (2 tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dan nilai  = 5,530 sedangkan  = 1,672 yaitu artinya > atau 530 > 1,672 yang berarti menandakan bahwa terdapat pengaruh signifikan. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa penggunaan model Student Centered Learning berbantu Spin The Wheel berpengaruh terhadap peningkatan hasil belajar IPAS siswa kelas V SDN 104 Palembang.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...