Suasana belajar yang menyenangkan dapat membuat pembelajaran yang efektif. Ice breaking merupakan metode belajar yang cocok digunakan untuk membangun suasana belajar yang interaktif. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh ice breaking activities berbasis games terhadap interaksi sosial dan motivasi belajar siswa kelas IV dan V di SD Muhammadiyah IDI Tello Baru. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post facto. Sampel berjumlah 68 siswa yang diambil dengan teknik simple random sampling. Pengumpulan data dilakukan melalui angket skala sikert dan dokumentasi, sedangkan analisis data menggunakan uji regresi sederhana dan regresi berganda. Hasil uji hipotesis menunjukkan bahwa: Terdapat pengaruh signifikan ice breaking berbasis games terhadap interaksi sosial siswa dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), terdapat pengaruh signifikan terhadap motivasi belajar siswa dengan nilai signifikansi 0,024 (< 0,05), dan Secara simultan, terdapat pengaruh signifikan terhadap interaksi sosial dan motivasi belajar dengan nilai signifikansi 0,000 (< 0,05), dengan demikian H1 diterima dan HO ditolak, yang artinya terdapat pengaruh ice breaking berbasis games terhadap interaksi sosial dan motivasi belajar siswa sekolah dasar.
Copyrights © 2025