Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan
Vol. 10 No. 3 (2025): Agustus

Penerapan Asesmen dalam Pembelajaran Sosiologi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram

Wadi, Hairil (Unknown)
Parwata, I Gusti Lanang Agung (Unknown)
Ratnaya, I Gede (Unknown)
Budhyani, I Dewa Ayu Made (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi tuntutan profesional guru sosiologi untuk menerapkan asesemen dalam pembelajaran sesuai amanat kurikulum merdeka. Tujuan penelitian adalah mendeskripsikan penerapan asesmen dalam Pembelajaran Sosiologi Kurikulum Merdeka di Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram. Lokasi Penelitian di Madrasah Aliyah Negeri 2 Mataram. Adapun yang menjadi narasumber dalam penelitian ini adalah guru sosiologi, wakil kepala sekolah bagian kurikulum, dan perwakilan siswa kela X dan XI. Teknik pengumpulan data dengan wawancara dan dokumentasi. Analisis data melalui reduksi data, penyajian data, dan kesimpulan. Penemuan hasil penelitian 1) Penerapan asesemen Pembelajaran Sosiologi mengikuti 3 Jenis asesmen kurikulum merdeka berupa asesemen diagnostik, formatif, sumatif; 2) Guru menggunkan berbagai metode inovatif dalam menerapakan asesemen; 3) Asesemen memiliki peran penting membantu siswa memahami materi, meningkatkan motivasi, dan mengembangkan kemampuan berpikir kritis; 4) Tantangan utama dalam penerapan asesemen seperti asesemen diagnostik dan formatif yang belum optimal.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jipp

Publisher

Subject

Education

Description

JIPP (Jurnal Ilmiah Profesi Pendidikan) (ISSN Print 2502-7069 and ISSN Online 2620-8326) is a peer-reviewed journal published biannually by Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) University of Mataram, Mataram, Lombok, Indonesia. The journal publishes research and conceptual articles in the ...