Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Pengaruh Literasi Keuangan dan Gaya hidup terhadap Perilaku Konsumtif Pengguna Shopee Paylater bagi Mahasiswa Fakultas Sosial dan Humaniora Universitas Nurul Jadid

Siddiqi, Moh. Fakhri (Unknown)
Sari, Eka Novita (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan  untuk  menganalisis pengaruh literasi keuangan dan gaya hidup terhadap perilaku konsumtif pengguna shopee paylater bagi mahasiswa fakultas sosial dan humaniora universitas nurul jadid. Penelitian  ini  menggunakan  metode kuantitatif dengan pendekatan asosiatif kausal. Sampel sebanyak 275 responden pada mahasiswa fakultas sosial dan humaniora universitas nurul jadid yang ditentukan melalui teknik purposive sampling. Teknik  pengumpulan  data  dilakukan  melalui  survei, kuesioner . Data  dianalisis  dengan bantuan SPSS  versi  25  melalui  uji  validitas,  reliabilitas,  regresi  linier  berganda,  uji  koefisien determinasi,  uji  t, dan  uji F. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi keuangan dan gaya hidup secara parsial maupun simultan berpengaruh positif dan signifikan terhadap perilaku konsumtif. Nilai Adjusted R Square sebesar 0,846 menunjukkan bahwa 84,6% variabel perilaku konsumtif dapat dijelaskan oleh dua variabel yaitu literasi keuangan dan gaya hidup, sisanya oleh faktor lain di luar penelitian. Temuan ini menegaskan  pentingnya mahasiswa mengatur literasi keuangan dan gaya hidup agar mahasiswa tidak berperilaku konsumtif.  

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...