Journal of Artificial Intelligence and Digital Business
Vol. 4 No. 3 (2025): Agustus - October

Sistem Informasi Layanan Pelanggan Berbasis Web Pada Bengkel Merangin Motor Menggunakan Model Addie (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation)

Yudha, Rama Hikma (Unknown)
Yusuf, M. (Unknown)
Putri, Utami Mizani (Unknown)



Article Info

Publish Date
23 Sep 2025

Abstract

Kemajuan teknologi informasi telah memberikan dampak signifikan dalam berbagai sektor, termasuk industri otomotif. Penelitian ini bertujuan untuk membangun sistem informasi layanan pelanggan berbasis web pada Bengkel Merangin Motor. Sistem ini dirancang untuk memfasilitasi pemesanan layanan secara online, pengelolaan jadwal dan kouta serta pencatatan transaksi. Metode penelitian yang digunakan adalah Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analyze, Design, Development, Implementation, Evaluation). Sistem ini dibangun dengan menggunakan framework CodeIgniter, bahasa pemrograman PHP, serta basis data MySQL. Berdasarkan hasil pengujian blackbox testing, seluruh fitur dalam sistem terbukti berjalan sesuai dengan kebutuhan pengguna. Evaluasi menggunakan User Acceptance Test (UAT) dengan Skala Likert melibatkan 7 responden yaitu admin dan pelanggan, menghasilkan tingkat kelayakan sebesar 91%, yang menunjukkan bahwa sistem sangat layak digunakan dan mampu memenuhi kebutuhan pengguna.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

RIGGS

Publisher

Subject

Computer Science & IT Economics, Econometrics & Finance Electrical & Electronics Engineering Engineering

Description

Journal of Artificial Intelligence and Digital Business (RIGGS) is published by the Department of Digital Business, Universitas Pahlawan Tuanku Tambusai in helping academics, researchers, and practitioners to disseminate their research results. RIGGS is a blind peer-reviewed journal dedicated to ...