Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Pengaruh Penerapan Good Governance terhadap Kepercayaan Keluarga WBP dengan Tindakan Tidak Etis Sebagai Moderasi di Lembaga Pemasyarakatan Kelas IIa Purwokerto

Tramasino, Dimas (Unknown)
Pangestuti, Naniek (Unknown)



Article Info

Publish Date
06 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh penerapan Tata Kelola Pemerintahan Yang Baik (Good Governance) terhadap kepercayaan keluarga warga binaan pemasyarakatan (WBP) dengan tindakan tidak etis sebagai variabel moderasi di Lapas Kelas IIA Purwokerto. Penelitian menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei terhadap 276 responden yang merupakan keluarga WBP yang pernah menggunakan layanan kunjungan. Pengumpulan data dilakukan melalui kuesioner dengan skala Likert dan dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana, regresi berganda, serta Moderated Regression Analysis (MRA). Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan Good Governance berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepercayaan keluarga WBP. Namun, tindakan tidak etis terbukti memoderasi hubungan tersebut dengan arah negatif, artinya semakin tinggi tingkat tindakan tidak etis, maka pengaruh positif Good Governance terhadap kepercayaan keluarga WBP semakin melemah. Dengan demikian, penerapan prinsip transparansi, akuntabilitas, dan responsivitas perlu diiringi dengan pengawasan dan penegakan etika yang kuat agar kepercayaan publik terhadap lembaga pemasyarakatan dapat terjaga dan meningkat secara berkelanjutan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...