Almufi Jurnal Pendidikan
Vol 5 No 2: Agustus (2025)

Pandangan Mahasiswa Angkatan 2022 terhadap Buku Ajar Marugoto Level A2/B1

Hartanto, Annisa Viola (Unknown)
Basri, Merri Silvia (Unknown)
Budiani, Dini (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Aug 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pandangan mahasiswa angkatan 2022 terhadap buku ajar Marugoto level A2/B1. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kuantitatif. Adapun lokasi penelitian dipilih di Prodi Pendidikan Bahasa Jepang, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Riau, Pekanbaru, Riau dengan pesertanya adalah mahasiswa Prodi Pendidikan Bahasa Jepang Universitas Riau angkatan 2022. Hasil dari penelitian ini sebagai berikut: (1) Mahasiswa angkatan 2022 memberikan pandangan positif terhadap buku Marugoto level A2/B1, menyatakan isi materi sesuai kurikulum, bahasa muda dipahami, dan mendukung proses pembelajaran serta pengembangan budaya Jepang. (2) Mahasiswa merasa buku Marugoto level A2/B1 dapat mendukung dalam meningkatkan kemampuan pelafalan, intonasi, kosakata dan pola kalimat, serta memotivasi aktivitas belajar seperti berdiskusi dan menulis. (3) Terdapat ketidakseimbangan bobot can-do antar bab yang dapat mempengaruhi motivasi belajar mahasiswa, terutama dalam pengembangan kemampuan menulis karangan secara mandiri.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

AJP

Publisher

Subject

Education Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences

Description

Almufi jurnal Pendidikan didirikan sejak tahun 2021, jurnal ini di singkat dengan AJP. Almufi jurnal Pendidikan (AJP) menerima artikel berupa hasil penelitian pada bidang pendidikan secara umum. terkhusus pada perkembangan siswa, belajar dan pembelajaran, serta masalah lain yang berkaitan dengan ...