Penelitian ini dilakuakan untuk melihat apakah ada pengaruh dari penggunaan model Project Based Learning berbantuan video interaktif terhadap keterampilan berpikir kreatif pada mata pelajaran IPAS. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan quasi eksperimen dengan desain nonequivalent control group design. Sample penilitian sebanyak 22 siswa pada kelas eksperimen dan 22 siswa pada kelas kontrol. Pengumpulan data menggunkan pretest dan posttest. Hasil dari penelitian dikatakan bahwa pada hasil nilai pretetst dan posttest pada kelas ekperimen maupun kelas kontrol, uji paired sample t-test nilai sig. (2- tailed) sebesar 0,000 < 0,05, maka Ho ditolak, Ha diterima. Adanya perbedaan antara hasil nilai pretest dan posttest yang mana nilai posttest jauh lebih meningkat di bandingkan sebelum treatment. Artinya Model Project Based Learning berbantuan video interaktif dapat meningkatkan keterampilan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran IPAS. Hasil uji N-Gain memperoleh skor rata –rata pada kelas eksperimen mencapai 56,18 lebih tingi dibandingkan kelas kontrol yang hanya sebesar 23,63. Hal ini membuktikan bahwa model Project Based Learning berbantuan video interaktif lebih efektif meningkatkan keterampilan berpikir kreatif dibandingkan pembelajran Direct Instruction.
Copyrights © 2025