Perkembangan teknologi digital telah membawa perubahan signifikan dalam berbagai sektor kehidupan, termasuk pendidikan Islam. Transformasi ini menghadirkan tantangan sekaligus peluang yang harus direspon secara adaptif oleh para pendidik, institusi, dan peserta didik. Artikel ini bertujuan untuk menganalisis dinamika perubahan pendidikan Islam di era digital dengan pendekatan kualitatif berbasis studi pustaka. Hasil kajian menunjukkan bahwa tantangan utama meliputi kesenjangan akses teknologi, rendahnya kompetensi digital sebagian tenaga pendidik, dan risiko penyalahgunaan media digital yang dapat mengaburkan nilai-nilai moral dan spiritual. Tantangan etis juga muncul dalam bentuk penyebaran informasi keagamaan yang tidak terverifikasi, sehingga diperlukan literasi digital dan keagamaan yang seimbang. Lembaga pendidikan Islam perlu berperan aktif dalam membangun sistem pembelajaran yang adaptif, inovatif, namun tetap berlandaskan pada nilai-nilai akhlakul karimah. Namun, di sisi lain, era digital membuka peluang besar dalam perluasan akses belajar, inovasi metode pembelajaran, dan integrasi teknologi dengan nilai-nilai Islam. Diperlukan strategi sinergis antara teknologi dan prinsip pendidikan Islam agar transformasi ini berjalan seimbang dan berkelanjutan.
Copyrights © 2024