Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti melalui penerapan metode pembelajaran Teams Games Tournament (TGT). Penelitian dilakukan pada siswa kelas IV Sekolah Dasar Islam Terpadu (SDIT) An-Nahl Kota Jambi. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiap siklus terdiri dari empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, dan refleksi. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, tes hasil belajar, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan signifikan terhadap hasil belajar siswa. Pada siklus I tingkat ketuntasan belajar siswa mencapai 58,62%, sedangkan pada siklus II meningkat menjadi 93,10%. Penerapan metode TGT terbukti efektif dalam meningkatkan motivasi, keaktifan, dan hasil belajar peserta didik pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti. Dengan demikian, metode TGT dapat dijadikan alternatif inovatif bagi guru PAI dalam menciptakan suasana belajar yang menyenangkan dan kolaboratif
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024