Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) berdasarkan gaya belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS materi ciri-ciri khusus hewan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen jenis one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI A dan VI B SD Negeri 03 Kampung Rempak, yang diklasifikasikan berdasarkan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Data dikumpulkan melalui angket gaya belajar, pretest, dan posttest. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji ANOVA satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL memberikan peningkatan signifikan pada hasil belajar peserta didik. Selain itu, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik dengan gaya belajar berbeda. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan peningkatan hasil belajar tertinggi, diikuti oleh auditori dan visual. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL merupakan model pembelajaran yang efektif dalam mengakomodasi perbedaan gaya belajar peserta didik dan mendorong peningkatan hasil belajar secara menyeluruh.
Copyrights © 2025