Indonesian Research Journal on Education
Vol. 5 No. 6 (2025): Irje 2025

Penerapan Problem Based Learning Berdasarkan Gaya Belajar terhadap Hasil Belajar Peserta Didik pada Pembelajaran IPAS Materi Ciri-Ciri Khusus Hewan di SD Negeri 03 Kampung Rempak

Safrini, Safrini (Unknown)
Herlinawati, Herlinawati (Unknown)
Nasution, Nurliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan Problem Based Learning (PBL) berdasarkan gaya belajar terhadap hasil belajar peserta didik pada pembelajaran IPAS materi ciri-ciri khusus hewan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan desain quasi eksperimen jenis one-group pretest-posttest. Subjek penelitian adalah peserta didik kelas VI A dan VI B SD Negeri 03 Kampung Rempak, yang diklasifikasikan berdasarkan gaya belajar visual, auditori, dan kinestetik. Data dikumpulkan melalui angket gaya belajar, pretest, dan posttest. Analisis data dilakukan menggunakan uji normalitas, homogenitas, dan uji ANOVA satu arah. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan PBL memberikan peningkatan signifikan pada hasil belajar peserta didik. Selain itu, terdapat perbedaan hasil belajar yang signifikan antara peserta didik dengan gaya belajar berbeda. Peserta didik dengan gaya belajar kinestetik menunjukkan peningkatan hasil belajar tertinggi, diikuti oleh auditori dan visual. Temuan ini menunjukkan bahwa PBL merupakan model pembelajaran yang efektif dalam mengakomodasi perbedaan gaya belajar peserta didik dan mendorong peningkatan hasil belajar secara menyeluruh.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

irje

Publisher

Subject

Religion Arts Humanities Chemistry Education Energy Environmental Science Languange, Linguistic, Communication & Media Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Library & Information Science Materials Science & Nanotechnology Mathematics Physics Social Sciences Other

Description

Indonesian Research Journal on Education is intended as a medium for scientific studies of research results, thoughts, and critical-analytic studies regarding research in the field of education and learning. This is part of the spirit of disseminating knowledge resulting from research and thoughts ...