Journal of Innovative and Creativity
Vol. 5 No. 3 (2025)

Implementasi Strategi Pembelajaran PAIBP Berbasis Multiple Intellegences Di SMPN 1 Sulang

Ramadiyanti, Faly Silfa Nur (Unknown)
Syaifulloh, Ahmad (Unknown)
Nurkayati, Siti (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengkaji implementasi strategi pembelajaran Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti (PAIBP) berbasis Multiple Intelligences (MI) di SMP Negeri 1 Sulang, Kabupaten Rembang, dalam konteks Kurikulum Merdeka. Penelitian menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode studi kasus serta data kuantitatif pendukung melalui kuesioner skala Likert kepada 124 siswa. Subjek penelitian terdiri atas kepala sekolah, wakil kepala sekolah bidang kurikulum, dua guru PAIBP, dan tiga siswa perwakilan kelas VII–IX. Data dikumpulkan melalui wawancara terstruktur, observasi partisipatif, dokumentasi RPP, dan analisis angket. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi berbasis MI telah diterapkan secara adaptif, namun belum sistematis, dengan penekanan pada kecerdasan interpersonal, musikal, dan kinestetik melalui diskusi kelompok, simulasi nilai, permainan edukatif, dan nasyid. Guru dan siswa memberikan respons positif karena strategi ini meningkatkan keterlibatan, pemahaman konseptual, dan internalisasi nilai moral. Faktor pendukung mencakup komitmen kepala sekolah, kesadaran guru terhadap keragaman gaya belajar, serta sarana ruang belajar yang memadai. Adapun kendala utama meliputi minimnya pelatihan MI, keterbatasan fasilitas, padatnya kurikulum, dan belum adanya instrumen pemetaan kecerdasan siswa. Penelitian ini menawarkan model praktis integrasi teori MI dalam pembelajaran PAIBP yang sejalan dengan prinsip Kurikulum Merdeka.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

joecy

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Social Sciences Other

Description

Journal of Innovative and Creatifity (JOECY) publishes research articles in the field of education which report empirical research on topics that are significant across educational contexts, in terms of design and findings. The topic could be in curriculum, teaching learning, evaluation, quality ...