Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan dan menguji kelayakan media pembelajaran e-modul interaktif berbasis flipbook pada materi teknik pengolahan makanan dasar kelas X keahlian tata boga pada mata pelajaran dasar-dasar tata boga. Penelitian ini merupakan jenis penelitian pengembangan R&D (Research and Development) dengan menggunakan model 4D (Define, Design, Development, Disseminate). Dalam penelitian menggunakan subjek uji kelompok kecil pada 10 orang siswa Kelas X yang telah memperoleh mata pelajaran dasar-dasar tata boga, dan penilaian dari 3 orang ahli, yaitu ahli materi, ahli media, dan ahli desain pembelajaran. Metode yang digunakan dalam pengumpulan data adalah menggunakan angket dengan skala likert sebagai jenjang penilaian. Menggunakan teknik analisis data deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Hasil penilaian validitas menunjukkan bahwa media dinyatakan “sangat layak”, dengan presentase skor kelayakan ahli materi sebesar 94% dari ahli materi, 96% dari ahli media, dan 95% dari ahli desain pembelajaran. Persentase validitas yang tinggi dari para ahli menunjukkan bahwa E-Modul Interaktif berbasis Flipbook Maker tentang Teknik Pengolahan Pangan Dasar terbukti sangat valid dan layak digunakan sebagai media pembelajaran di kelas X SMK Negeri 4 Bangli. Produk ini diharapkan dapat menjadi media pembelajaran yang efektif dan menarik yang dapat meningkatkan motivasi dan pemahaman siswa. Kata Kunci: Pengembangan E-Modul, 4D, Flipbook, Teknik Pengolahan Makanan Dasar.
Copyrights © 2025