Parabela: Jurnal Ilmu Pemerintahan & Politik Lokal
Vol 5 No 1 (2025): Maret

Pengaduan dalam Pelayanan Publik (Suatu Tinjauan Studi)

Ode Aliatin Wuga, La (Unknown)
Susanti, Neni (Unknown)
Ode Muhammad Ichwan Sjachrawy, La (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2025

Abstract

Pengaduan masyarakat merupakan elemen penting dalam penyelenggaraan pelayanan publik yang akuntabel dan responsif. Mekanisme pengaduan yang efektif tidak hanya menjadi saluran koreksi bagi penyedia layanan, tetapi juga sarana untuk meningkatkan partisipasi dan kepercayaan publik terhadap institusi pemerintah. Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode studi literatur melalui pendekatan kajian pustaka yang disusun dalam model naratif. Hasil penelitian menyimpulkan bahwa pengaduan dalam pelayanan publik memiliki posisi strategis dalam membentuk tata kelola pemerintahan yang baik (good governance). Sebagai saluran partisipatif, pengaduan memungkinkan masyarakat untuk ikut terlibat secara aktif dalam proses evaluasi pelayanan, bukan hanya sebagai penerima manfaat tetapi juga sebagai pengawas kebijakan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

Parabela

Publisher

Subject

Arts Humanities Social Sciences

Description

Parabela : Jurnal Ilmu Pemerintahan & Politik Lokal aims to publish conceptual, review, and research articles in the field of Governmental Science and promotes scholarly, theoretical, pragmatic, and contemporary research, which makes a clear conceptual and methodological contribution to existing ...