Penelitian ini menggunakan paradigma pembelajaran inkuiri terbimbing untuk menilai sejumlah publikasi tentang kemampuan proses ilmiah siswa. Berdasarkan survei jurnal, penelitian ini mencoba menentukan bagaimana paradigma pembelajaran inkuiri terbimbing memengaruhi kemampuan proses ilmiah siswa. Metode yang digunakan yaitu literature review atau tinjauan pustaka. Google Scholar adalah basis data yang digunakan untuk menemukan materi tersebut. Istilah pencarian "model inkuiri terbimbing" dan "keterampilan proses sains" digunakan untuk memastikan materi tersebut relevan. Kemudian dilakukan seleksi untuk mendapatkan publikasi artikel ilmiah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir (2015–2025) yang menganalisis dampak model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains Peserta didik. Dari hasil pencarian diperoleh 10 artikel ilmiah yang kemudian dianalisis. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh positif dari model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.
Copyrights © 2025