Mudabbir: Journal Research and Education Studies
Vol. 5 No. 2 (2025): In Process

Literature Review: Model Pembelajaran Inkuiri Terbimbing Terhadap Keterampilan Proses Sains Peserta Didik

Aisya, Najihatul (Unknown)
Yanto, Febri (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Oct 2025

Abstract

Penelitian ini menggunakan paradigma pembelajaran inkuiri terbimbing untuk menilai sejumlah publikasi tentang kemampuan proses ilmiah siswa. Berdasarkan survei jurnal, penelitian ini mencoba menentukan bagaimana paradigma pembelajaran inkuiri terbimbing memengaruhi kemampuan proses ilmiah siswa. Metode yang digunakan yaitu literature review atau tinjauan pustaka. Google Scholar adalah basis data yang digunakan untuk menemukan materi tersebut. Istilah pencarian "model inkuiri terbimbing" dan "keterampilan proses sains" digunakan untuk memastikan materi tersebut relevan. Kemudian dilakukan seleksi untuk mendapatkan publikasi artikel ilmiah dalam kurun waktu 10 tahun terakhir (2015–2025) yang menganalisis dampak model pembelajaran inkuiri terbimbing terhadap keterampilan proses sains Peserta didik. Dari hasil pencarian diperoleh 10 artikel ilmiah yang kemudian dianalisis. Temuan dari penelitian ini menunjukkan bahwa mayoritas hasil penelitian membuktikan adanya pengaruh positif dari model pembelajaran inkuiri terbimbing dalam meningkatkan keterampilan proses sains peserta didik.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

mudabbir

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Mudabbir (Journal Research and Education Studies) is Published by the Association of Indonesian Islamic Education Managers (PERMAPENDIS) North Sumatra. This journal aims to publish and disseminate the results of research and studies on education. Articles published in journals are the results of ...