Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika
Vol. 10 No. 4 (2025): Pedagogy : Jurnal Pendidikan Matematika

SYSTEMATIC LYTERATUR REVIEW : PjBL BERBANTUAN CODING PADA PEMBELAJARAN MATEMATIKA TINGKAT SMA\SMK

Adinda, Adinda (Unknown)
Irmawati, Irmawati (Unknown)
Sastri, Sastri (Unknown)
Hartiwi, Susmi (Unknown)
Atiqah, Zalfa (Unknown)
Rahman, Haerani (Unknown)
Nurzahrani, Nurzahrani (Unknown)



Article Info

Publish Date
11 Oct 2025

Abstract

Di tingkat SMA/SMK, pembelajaran matematika masih menantang dalam membangun pemahaman konseptual yang mendalam. Siswa sering mengalami kesulitan untuk memahami konsep abstrak dan sulit menerapkan matematika dalam situasi kehidupan nyata. Penelitian ini bertujuan untuk melakukan systematic literature review mengenai penerapan Project Based Learning (PjBL) berbantuan coding pada pembelajaran matematika tingkat SMA/SMK. Metode Systematic Literature Review (SLR) digunakan dengan mengumpulkan 10 artikel dari beberapa database seperti Google Scholar, Scopus, Garuda, SINTA, dan Semantic Scholar yang dipublikasikan tahun 2015-2025. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menggunakan PjBL dengan bantuan coding meningkatkan berbagai aspek pembelajaran matematika, termasuk literasi numerik, kemampuan pemecahan masalah matematis, kemampuan berpikir kritis dan kreatif, dan kemampuan mereka untuk berkolaborasi dalam pembelajaran yang kontekstual, bermakna, dan kontekstual.. Meskipun demikian, keberhasilan pelaksanaan bergantung pada ketersediaan infrastruktur teknologi yang memadai serta peningkatan kemampuan guru untuk memasukkan coding ke dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

pedagogy

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Jurnal ini bertujuan untuk menyediakan wadah bagi akademisi, peneliti, dan praktisi untuk menerbitkan artikel penelitiannya. Ruang lingkup artikel yang diterbitkan dalam jurnal ini membahas berbagai topik yang terkait dengan pembelajaran ...